Indonesia Law Firm untuk Jasa Konsultasi Hukum Teknologi

Indonesia Law Firm untuk Jasa Konsultasi Hukum Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat belakangan ini membawa perubahan besar dalam pola dan perilaku masyarakat. Fenomena ini mendorong terjadinya berbagai macam tindakan yang merugikan pihak tertentu, seperti penyalahgunaan identitas, pengancaman via pesan singkat di sosial media, hingga yang sangat serius seperti kebocoran data.

Pelanggaran yang mulai marak seiring perkembangan teknologi membuat beberapa pihak terutama perusahaan kewalahan dalam mengatasinya. Seperti yang diketahui, hampir semua perusahaan di Indonesia telah bersentuhan dengan teknologi. Selain pelanggaran yang telah disebutkan di atas, adapun beberapa jenis pelanggaran yang sering terjadi dalam ranah teknologi.

  1. Unauthorized access. Yakni upaya penyusupan seseorang memasuki sistem jaringan tertentu dengan cara yang tak sah
  2. Memasukkan atau mengunggah content illegal berupa data dan informasi yang tidak benar dan mengganggu ketertiban umum
  3. Pemalsuan data dan dokumen penting dari instansi dan lembaga penting. Kegiatan ini disebut juga dengan data forgery 
  4. Mencuri nomor kartu kredit orang lain dan menggunakannya dalam transaksi online di internet
  5. Pembajakan sistem atau software hasil karya orang lain
  6. Peretasan data pribadi perusahaan (hacking atau cracking)


Ruang lingkup teknologi yang luas tak berbatas ini menuntut pemerintah membentuk suatu hukum dan regulasi khusus dalam rangka meredam dan menghindari tindakan yang merugikan tersebut. Teknologi informasi sendiri diartikan sebagai suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data dan informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu. Oleh karenanya hukum teknologi tercipta. Hukum ini mencakup bidang telekomunikasi, informasi, dan sistem komputer yang masih berkaitan dengan teknologi.

Indonesia Law Firm dalam Hukum Teknologi

Walau teknologi mulai meresap dalam berbagai lapisan masyarakat, tak semua pihak paham bagaimana hukum teknologi dan apa yang harus dilakukan jika menghadapi permasalahan hukum teknologi. Beberapa di antaranya akhirnya menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara tak tepat seakan membiarkan masalah yang terjadi berlarut begitu saja. Padahal, walau berada di ranah teknologi dan dunia maya sekalipun, permasalahan hukum tidak boleh dibiarkan berlarut begitu saja. Dikhawatirkan hal ini akan mengganggu pihak tertentu di kemudian hari jika tak ditangani dan selesaikan dengan baik.  Maka, ini adalah tugas Indonesia law firm untuk membantu pihak- pihak tersebut dalam mengatasi permasalahan hukum teknologi yang dihadapi.

Indonesia Law Firm menyediakan konsultasi dan nasihat kepada berbagai pihak yang menghadapi permasalahan hukum teknologi. Ada pun layanan yang disediakan oleh Indonesia Law Firm dalam hukum teknologi adalah membuat dan menganalisa perjanjian IT, menyediakan pemahaman yang mendalam mengenai aspek teknis dan industri teknologi, menyediakan dan merancang pedoman media terkait teknologi, hukum cyber media, hingga pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). 

Posting Komentar

0 Komentar