Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejumlah Penyebab Penyakit Stroke Berdasarkan SehatQ.com

Stroke merupakan sejenis sakit yang menjadi momok karena merupakan pembunuh terbesar di dunia. Gangguan utamanya adalah kurangnya pasokan oksigen dalam otak. Informasi penyakit berisiko tinggi ini memiliki sejumlah penyebab penyerta lainnya.

Penyebab Stroke yang Harus Diwaspadai

Tidak hanya di dunia, di Indonesia stroke mempunyai tingkat penderita cukup tinggi. Bahkan selalu meningkat setiap tahunnya. Penyakit ini berasal dari penyumbatan arteri atau pembuluh darah yang bocor sehingga aliran darah ke otak terhambat dan terjadilah kerusakan. Untuk lengkapnya, berikut penyebabnya.

1. Gaya Hidup

Masyarakat modern dengan gaya hidup tidak sehat mempunyai risiko tinggi terkena stroke. Hal ini terjadi karena pola tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Kemudian, semakin memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah dalam otak.

Sejumlah contoh gaya hidup tidak sehat antara lain merokok, jarang olahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi alkohol berlebihan, hingga konsumsi obat-obatan terlarang. Maka dari itu, perlu mengganti pola makan hingga kebiasaan menjadi lebih menyehatkan lagi.

2. Usia

Pada usia lanjut mempunyai risiko terkena stroke lebih besar. Namun, faktanya penyakit ini menyerang segala umur tidak pandang bulu gender, laki-laki atau perempuan. Bahkan para anak muda dengan faktor lainnya memiliki gejala terjadinya sakit tersebut.

Serangan stroke biasanya terjadi secara tiba-tiba dan menyerang pada satu anggota tubuh. Tidak melihat berapa usia Anda, jika mempunyai risiko bisa memberikan dampak sangat fatal. Pada anak muda hingga setengah baya angka penderitanya terus meningkat.

3. Perubahan Hormon

Informasi penyakit tentang penyebab stroke berikutnya adalah adanya perubahan hormon. Contohnya adalah konsumsi pil KB atau melakukan terapi yang mengandung estrogen. Tujuan dari kegiatan terapi tersebut adalah menginduksi perubahan fisik menjadi wanita.

Dengan melakukan terapi hormon, biasanya pada transgender mengalami risiko stroke sangat tinggi. Hal ini terjadi pada dua tahun setelah kegiatan tersebut. Terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah bisa mengakibatkan adanya masalah kronis hingga kerusakan otak yang menyebabkan kematian.

4. Faktor Keturunan atau Gen

Penyebab dari penyakit stroke berikutnya adalah adanya faktor keturunan. Riwayat sakit orang tua yang memiliki sakit ini biasanya akan sangat sulit untuk menyembuhkannya. Biasanya akan terus menurun hingga ke anak-anaknya.

Namun, jika Anda mempunyai genetik sakit stroke jangan terlalu panik. Semuanya bisa dilakukan pencegahan sebelum memburuk. Lakukan pola hidup sehat dengan mengatur porsi makanan, sering olahraga, tidak merokok, dan lain sebagainya.

5. Mempunyai Riwayat Sakit Serangan Jantung

Faktor dari penyebab stroke berikutnya adalah adanya riwayat sakit serangan jantung. Jika sudah punya risiko ini kemudian terjadi penyumbatan pembuluh darah dalam otak, maka bisa mengakibatkan sebuah kefatalan yang sangat berbahaya bahkan hingga kehilangan nyawa.

Penyakit stroke biasanya akan menyebabkan kelumpuhan, entah setengah badan atau seluruhnya. Jika Anda punya risiko serangan jantung, selalu lakukan kegiatan sehat mulai dari gaya hidup hingga cara berpikir yang lebih positif.

6. Mempunyai Riwayat Sakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Selain gaya hidup tidak sehat, dan faktor lainnya, tekanan darah tinggi mengambil resiko paling besar. Penyakit yang satu ini sangatlah berbahaya karena menyumbang terjadinya pembekuan darah pada otak sehingga terjadilah kelumpuhan.

stroke
Anda bisa mencegah terjadinya hal-hal yang berbahaya dengan selalu menerapkan pola hidup lebih sehat. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik, pola makan teratur, tidur terjaga dengan baik, hingga hindari pikiran penyebab stress. 

Demikian Info Penyakit tentang penyebab stroke yang sangat berbahaya. Jika terdapat risiko dalam diri Anda segera lakukan pencegahan dengan hidup sehat.a