5 Langkah Belajar Investasi yang Penting untuk Dilakukan oleh Pemula

bareksa.com

Investasi saat ini menjadi salah satu langkah manajemen keuangan yang dianggap penting sekaligus efektif. Dibanding menabung atau menyimpan uang begitu saja, meletakkan uang dalam bentuk aset investasi jauh lebih menguntungkan. Bagi para pemula, mari belajar investasi lebih jauh lagi agar pilihan tersebut bisa memberikan peluang untung yang besar dan kerugian yang minimal. 

Mengenal Investasi bagi Pemula

Meskipun terkesan mudah, namun pada kenyataannya investasi bukanlah hal yang sederhana untuk dilakukan. Dibutuhkan persiapan matang agar investasi ini bisa membawa keuntungan sesuai harapan. Berikut adalah 5 langkah penting yang perlu dilakukan oleh pemula saat belajar tentang dunia investasi:

1. Mulailah dengan Identifikasi Profil Risiko

Langkah pertama, mulailah dulu dengan mengidentifikasi profil risiko sendiri. Setiap investor punya profil risiko masing-masing. Pilihan investasinya harus disesuaikan dengan profil risiko tersebut karena setiap aset atau instrumen juga punya risiko yang berbeda-beda. Jangan sampai buta terhadap profil risiko sendiri sampai akhirnya memilih aset yang justru tidak cocok dengan kemampuan. 

Investasi pada dasarnya punya dua kemungkinan yaitu untung dan rugi. Pastikan Anda paham bahwa selalu ada risiko kerugian dalam setiap langkah investasi. Jadi, sesuaikan pilihan Anda dengan profil risiko yang dimiliki sehingga setiap kerugian yang muncul bisa diatasi dengan kemampuan sendiri. 

2. Pahami Setiap Bentuk Instrumen

Ada banyak bentuk instrumen investasi yang ada di sekitar Anda seperti reksadana, saham, peer to peer lending, dan masih banyak lagi. Sebaiknya pahami dulu satu per satu setiap instrumen tersebut. Seperti apa karakteristiknya, bagaimana peluang untungnya, dan seberapa besar risiko kerugian yang diberikan. Ini akan membantu Anda untuk menentukan apakah aset atau instrumen tersebut sudah sesuai dengan profil risiko Anda.

3. Tentukan Tujuan Investasi

Saat mulai belajar investasi, cobalah untuk menentukan tujuan Anda lebih awal. Semua investor perlu menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah mereka dalam mengambil keputusan investasi. Mana aset yang dirasa paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut. Anda pun juga jadi lebih mudah menentukan berapa banyak uang yang harus disisihkan saat berinvestasi agar tujuan terpenuhi. 

4. Biasakan Mengambil Keputusan Sendiri

Ingat, investasi adalah langkah atau keputusan Anda sendiri bukan orang lain. Boleh saja mencari ilmu investasi dari orang lain namun keputusan tetap kembali pada diri sendiri. Anda tidak akan bisa meminta orang lain memberi rekomendasi investasi apa yang paling bagus. Hal ini disebabkan oleh profil risiko Anda dengan mereka berbeda, begitu juga dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Biasakan untuk mengambil keputusan investasi sendiri. Itulah mengapa penting untuk mencari tahu lebih banyak tentang informasi sebuah instrumen investasi. Selain itu Anda juga harus paham betul setiap risiko yang harus ditanggung. Jangan pula mengikuti tren di dunia investasi karena belum tentu tren tersebut sesuai dengan kondisi dan tujuan finansial Anda. 

5. Lakukan Evaluasi untuk Peningkatan Investasi

Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi. Hal ini penting bagi pemula karena akan ada banyak ilmu investasi yang bisa didapat dari langkah evaluasi ini. Anda bisa tahu apakah langkah investasi yang diambil sudah tepat atau belum. Ke depannya Anda bisa memperbaiki strategi investasi berdasarkan hasil evaluasi yang sudah dilakukan. 

Saat mulai belajar mendalami dunia investasi, pastikan Anda juga selalu merasa yakin apalagi saat memilih aset atau instrumen. Instrumen peer to peer lending di Indonesia bisa jadi pilihan tepat bagi Anda untuk didalami lebih jauh lagi. Sistem pendanaan satu ini layak dijadikan investasi yang menghasilkan profit sesuai harapan.

Posting Komentar

0 Komentar