4 Pesta Laut Terpopuler, Festival Iraw Tengkayu Salah Satunya

Sumber: Unsplash

Pernah mendengar istilah pesta laut? Yup, pesta laut adalah sebuah acara mengungkap rasa syukur yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di pesisir yang mayoritas mata pencahariannya bergantung dari laut. Banyak acara pesta laut yang digelar secara rutin di Indonesia. Salah satu pesta laut yang  cukup terkenal adalah festival Iraw Tengkayu yang biasanya diadakan di Kalimantan Barat .

Ingin tahu bagaimana meriahnya Iraw Tangkayu? Ingin tahu juga pesta laut lainnya di Indonesia? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

Apa itu pesta Laut?

Pesta laut adalah sebuah ungkapan syukur para nelayan kepada Tuhan, melalui upacara menghanyutkan kepala kerbau dan sesajen lainnya ke laut. Melakukan ritual di laut ini dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di sekitar sungai tersebut. Mereka adalah para nelayan yang kesehariannya mencari nafkah di laut. Para nelayan yang kesehariannya menggantungkan hidupnya di laut. 

Sehari sebelum diadakan pesta laut, para pemilik perahu menghias perahu-perahu mereka dengan berbagai hiasan berupa makanan dan minuman yang digantungkan di sekeliling perahu. Mereka juga menyiapkan perbekalan makanan yang dibawa menuju ke laut atau sekedar ke muara laut.

Mengapa Harus Ada Pesta Laut?

Pesta laut diadakan bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap pencipta alam semesta yang sudah melimpahkan karunianya, berupa hasil  tangkapan dari laut.

Penduduk percaya dengan melakukan ritual pesta laut akan memberikan penghasilan mereka berlimpah, selain itu juga mengharapkan keselamatan saat sedang mencari ikan di laut. 

Acara ini dinanti-nantikan oleh warga sekitar sungai. Kegiatan ini  dihadiri pula oleh perangkat pemerintahan setempat, baik dari kelurahan, kecamatan dan kabupaten setempat. Adat istiadat seperti ini masih terus dipertahankan oleh penduduk sekitar sungai. Seperti yang kita ketahui, kebudayaan daerah memperkaya kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah yang semakin lama semakin pudar seiring perkembangan jaman.  Maka lebih baik kalau anak cucu yang meneruskannya.

Daftar Pesta Laut di Indonesia

1. Pesta Laut Bontang Kuala

Sumber: Unsplash

Upacara adat Pesta Laut dilaksanakan masyarakat Bontang, sebagai ungkapan rasa syukur kepada tuhan atas limpahan hasil laut. Upacara adat Pesta Laut biasanya digelar pada November atau Desember, olah masyarakat Bontang Kuala. Seperti yang digelar pada 2021 lalu, upacara Pesta Laut dilaksanakan di anjungan ujung jembatan area kampung Bontang Kuala. Beberapa upacara ritual bernilai spiritual dan mistis dilaksanakan masyarakat.

Pesta Laut dibuka dengan upacara ritual Mencera Buluh atau Menjamu Kampung. Ritual ini dilakukan untuk memberitahukan kepada para ruh penjaga perairan kampung Bontang Kuala bahwa akan dilakukan tradisi Pesta Laut. Mencera Buluh ditandai dengan meletakan sesaji di area tertentu.

2. Nadran, Pesta Laut Cirebon

Kegiatan pesta laut di Cirebon Jawa Barat dikenal dengan sebutan Nadran.  Pada acara Nadran, seluruh replika berkaitan dengan laut diarak dalam karnaval sebelum akhirnya dilarung ke tengah lautan. Pesta nadran sendiri merupakan upacara adat para nelayan sebagai wujud rasa syukur atas hasil tangkap ikan selama bernelayan, sebuah harapan agar ada peningkatan hasil tangkap ikan di waktu mendatang dan tercegah dari aral melintang selama berlayar.

Upacara Nadran, rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk sedekah laut, ucapan rasa syukur para nelayan atas capaian hasil tangkap ikan di laut.

3. Pesta Laut di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu

Sumber: Unsplash

Dalam pesta laut ini penduduk mengadakan berbagai acara yang meriah seperti pawai, doa bersama dan acara tradisional lainnya. Itu semua mereka adakan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT melalui hasil laut

Puluhan kapal dihias dengan pernak – pernik warna meriahkan acara pesta laut ini. Berduyun – duyun mereka dilepas dari dermaga menuju ke laut lepas membentuk pawai yang menghiasi lautan dengan hiasan warna – warna yang cerah.

Warna – warna cerah seperti pelangi, itu simbol dari harapan warga kepada Allah SWT agar selalu diberikan cuaca yang cerah serta keselamatan kepada nelayan yang mencari ikan di laut.

Selain pawai kapal laut ada juga tarian tradisional yang dibawakan oleh anak – anak dari sekolah dasar dan Paud di Pulau Sebira. Kemudian acara diakhiri dengan doa bersama meminta kepada Allah untuk diberikan keselamatan, berkah dan hasil laut yang melimpah.

4. Festival Iraw Tengkayu

Festival Iraw Tengkayu merupakan sebuah upacara tradisional dan perlombaan yang diadakan oleh masyarakat Suku Tidung secara turun temurun. Rangkaian festival tersebut berupa upacara ritual dengan menghanyutkan berbagai sesajen ke laut, serta berbagai perlombaan yang bisa diikuti oleh para warga.

Festival ini biasanya dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan.

Iraw Tengkayu mempunyai dua arti kata yang diambil dari Bahasa Tidung. Iraw yang berarti perayaan atau pesta, sedangkan Tengkayu adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh laut, pulau kecil yang dimaksud adalah Pulau Tarakan.

Dalam festival Iraw Tangkayu  akan diadakan sebuah pameran yang memperkenalkan seluruh budaya yang ada di kota Tarakan dengan beraneka ragam kreativitas dan produk-produk yang mencerminkan kota tersebut di  Tarakan expo. Selain itu ada pula parade musik dan parade tari sebagai hiburan yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu memiliki kesempatan, untuk mengunjungi Kalimantan Barat pada tanggal 1-6 Oktober. Maka Festival Iraw Tangkayu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata seru yang wajib kamu kunjungi.

Namun jika kamu masih belum bisa menghadiri keseruannya, kamu masih bisa mengunjungi event wisata seru lainnya. Cek jadwal semua event wisata terdekat di website Kharisma Event Nusantara sekarang juga.

Posting Komentar

0 Komentar